Cara Mandi Wajib Lengkap Dengan Do'a Dan Niatnya

Hukum Mandi

Bagi orang yang akan melakukan shalat, tidak sah sholatnya jika masih mempunyai hadast besar.


Hadast besar adalah hadast yang disebabkan oleh Bersetubuh, Keluarmani, haid, nifas, dan melahirkan. Hadast besar dapat dihilangkan dengan mandi junub / janabat / mandi wajib / mandi hadast besar. Hukum mandi besar adalah wajib.

Sebab - sebab yang mewajibkan mandi Junub adalah:

  • Bersetubuh 
  • Keluar air mani (baik karena bersetubuh maupun karena mimpi atau sebab lainnya)
  • Mati yang bukan Syahid (Orang mati syahid tidak wajib dimandikan)
  • Selesai haid (menstruasi)
  • Selesai Nifas
  • Wiladah (melahirkan).


Ciri - ciri Air Mani adalah:

  • keluarnya dari Kubul dengan memancar (tersendat-sendat).
  • Saat keluar terasa Nikmat.
  • Baunya:

  1. Jika masih basah seperti bau adonan roti atau bau mayang korma.
  2. Jika sudah kering seperti bau putih telur.


Fardhu Mandi Besar / Junub ada 3 yaitu:

1. Niat.

Niat ini dibaca dalam hati pada saat mulai membasuh bagian manapun dari tubuh.

Lafadz Niat Mandi Besar adalah:

NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya:

"Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala."

   2. Membasuh seluruh tubuh dengan air sampai rata (serta rambut dan kulitnya harus terkena air).

   3. Menghilangkan Najist jika ada yang menempel pada tubuh.

Sunat Mandi ada 5, yaitu:

  1. Membaca Basmalah ("Bismillahir rahmaanir rahiim pada saat akan mulai mandi.
  2. Berwudhu (sebelum mandi) seperti wudhu hendak sholat.
  3. Membasuh (menggosok) badan dengan tangan sampai 3 kali.
  4. Mendahulukan yang kanan dari pada yang kiri.
  5. Muwalat, yaitu sambung menyambung dalam membasuh anggota badan.

MANDI SUNAT

Selain mandi wajib, ada beberapa mandi yang disunatkan, yaitu:

  • Mandi ketika hendak Sholat Jumat.
  • Mandi ketika hendak Sholat Idul Fitri.
  • Mandi ketika hendak Sholat Idul Adha.
  • Mandi setelah sembuh dari penyakit gila.
  • Mandi ketika hendak melaksanakan ihram haji atau umrah.
  • Mandi setelah memandikan mayat.
  • Mandi seorang kafir setelah masuk islam.

Larangan bagi orang yang mempunyai Hadast Besar:

A. Larangan bagi orang yang sedang Junub:

  • Mendirikan Sholat, baik shalat wajib / sunat.
  • Mengerjakan Thawaf (Thawaf rukun haji / sunat).
  • Menyentuh / membawa Al-quran.
  • Berhenti lama (berdiam di masjid) / Itikaf.

B. Larangan bagi orang yang sedang Haid / Nifas:

  • Semua larangan point2 diatas.
  • Di cerai (ditalak)
  • Berpuasa (wajib / sunat)
  • Bersetubuh
  • Bersenang - senang antara pusar perut dan lutut.
  • Menyeberangi mesjid jika khawatir mengotorinya dengan darah.

Sumber : Machfud Blog
loading...

Subscribe to receive free email updates:

419 komentar

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 419   Newer›   Newest»

bagaimana hukumnya kalau air yg saya mandiin tidak mencapai 7 kulah atau 7 asta !!
apakah sah,, atau tidak,,

(sekian terimah gaji) :D

selama ini saya membaca doa stelah berhadas s
rti ini '' NAWAITU WUDHU'A LII RAF'AL HADATSIL AKHBARII ANJAMII'LL BADAANI FARDHU LILAAHITAALLA " Apa doa saya itu benar?

dan sya tdk pernah berwudhu sbelum mlakukan mandi hadas ,sya lngsung keramas mndi dan tentunya stelah mmbaca doa tersebut,jadi.. ap sah sholat saya jika saya mnyucikan diri tapi mungkin dgn doa yg keliru atw tdk prnah brwudhu sblmnya. skian,mksih.

Saya'kan semalem hbs mimpi basah, tpi sya lupa dg mandi wajib, apa solat saya tidak sah?

Mandi wajib di sertakan dengan sabun , shampo sah kah ?

Terimakasi ya atas informasix:-):-):-D

Islam Itu Indah ;-)

Ermmm sye x brpa fham ar sal air mani ney...sye kn pkay pantilayner bab pat keja sye ney buzy ckit..so biasa nya ada sesuatu yg melekat d pad sye..tpy sye hanya menukarnya sblum solat apa kh solat sye itu sah atau x...tlong jawapan nya ya...tanks...

Sye x brpa fham ar sal air mani ney...sye kadang2 keluar gak air mani sye tpy saya x mandi bab sye guna pantilayner n pat keja sye buzy ckit shoppinh mall...n sya hanya tukar pantilayner sya sblum solat ada kh solat sye tdk sah...tolong jawapan nya ya..

kalo niat mandi sholat jumat apa bro :-?

Tidak sah.. Sebelum kita nak memulah kan mandi wajib.. Kita mesti la mandi seperti biyasa dahulu untuk menghilangkan kotoran di badan kita..

Kalau cecair tu melekat2 dan berbau. Itu ada la air mani.. Maka wajib lakita mandi hadas besar.. Kalau kita merasa ragu2 apa yg keluar tu air mani atau bukan.. Sebaik-baiknya kita lakukan la mandi wajib.

saya kan abis mimppi basah trus saya lupa mandi wajib . kalo mandi wajib nya besoknya atau kapannya gitu sah gak shalat kita

Kalau mandi wajib pakai sabun sah?

nak tanye...katenye sblom mandi wajib kite kene mandi mcm biase dulu..habis niat tu kite bace time bile.? katenye kne bace niat slum nk membasuh semua anggota badan dgn air..? tolong jawab pleaseee...sy konfiussss :-? @-) :((

sah karna apabila seseorang ingin membersihkan badannya saat mandi janabah dengan sabun merupakan perkara yang disyariatkan. Tujuannya, untuk membersihkan kotoran dan najis yang masih menempel serta untuk menghilangkan bau tidak sedap yang menempel. Wallahu Ta’ala a’lam.

gak sah lah teman, karna apabila kita junub diwajibkan lansung mandi wajib...

Kalau tidak tahu sah-sah saja, klau sudah tahu, sholat kita tidak sah

boleh kah kita membaca niat nya secara bahasa melayu?

apa yg sy tau berniat kena di baca secara serentak ketika mjirus air.. Itu apa yg sy dgr dr ustaz azhar idrus

apa yg sy tau ketika kta hendak mjirus air ke bdn utk memulakan mandi wajib.. Ianya haruslah di lakukan dgn serentak.. Mksdnya mjirus air scra serentak dgn berniat.. E2 adalah pnrgn yg sy dpt dr ustaz azhar idrus

apa yg sy tau ketika kta hendak mjirus air ke bdn utk memulakan mandi wajib.. Ianya haruslah di lakukan dgn serentak.. Mksdnya mjirus air scra serentak dgn berniat.. E2 adalah pnrgn yg sy dpt dr ustaz azhar idrus

setahu saya..bila seseorg blom bs lafaz niat bhs arab..bolh dgn bhs apa saja..ttp dia hrs cpt cpt bljr lfaz yg afzal trsbut..bila sdh bs ..ttp dia msh mngjrkn mmkai bhs melayu /sjnisnya..mk gg sah mndi wajibnya dia...Bhs arab bhs quran dan bhs berkomunikasi dgn Allah

mau tanya..
dikamar mandi bukannya tidak boleh menyebut nama allah atau pun bahasa arab, terus gimana kita baca niatnya ?

ka..saya mau tanya....kn kta'a klo abis mimpi basah.....klo g keramas......
di haramkan untuk kita makan.......
apakah itu bener ka.......

Ayo kita tegakkan Islam..

nak tanya, masa mandi hadas besar, bahagian kemaluan boleh di gosok terus atau harus di alas dgn kain atau benda lain? harap dapat bantu..

Kalau saye sudah lame tak mandi wajib skrng saye mahu mandi wajib sah ke saye punye solat? :-?

Sahaja aku mandi sunat hri jumaat krna Allahtaala

akhwan yg terhormat,klo untuk niat itu nggk ada salahnya,,kan ada niat masuk kamar mandi dan niat keluar dari kamar mandi wan..

Apa mandi besar tidak boleh menggunakan air hangat itu benar?

Khanifah permata sari delete 8 March 2014 at 16:57

Saya masih belum paham caranya mandi besar .
Mandi besar itu basuh airnya dimulai dari kepala atau lengan sebelah kanan ?
Terus setelah baca niat itu, langsung kaya mandi biasa atau gimana ?

alhamdulliah..terima kasih admin kerana berkongsi maklumat berguna

Bukankah semua bahasa didunia INI ciptaan tuhan.jadi semua itu Allah memahami.sah mengunakan bahasa apapun,Yg penting .NAWAITU.

apakah setiap mazhab punya cara2 sendiri untuk mandi wajib, kalau ada tolong sertakan imamnya =D. tapi setau saya cuma masalah najis apa ngganya, kalau imam syafi'i kayaknya bukannya najis tapi malah suci, tapi tetap harus mandi junub. benar apa tidak pak? :-s :-b :>)

Assalamualaikum.
Tadi saya mandi wajib.
stelah selesai saya bercebok lagi, terus menyiram air kepala,badan,kaki. Dikhawatirkan terkena percikan air bekas cebok...apa mandi saya sah? Mohon jawabannya. Terima kasih.
Wassallam. .

Mau nanya min..
saya kan berhubngan, slesai mandi wajib masih ada yang keluar, bgaimana tuh, apa mandi wajibnya harus saya ulang?

klau menggunakan syampoo untuk mandi biasa dahulu tidak apa untuk membuang kotoran sbelum mandi wajib.. klau mau mndi wajib tiada saranan mengunakan shampoo .maka pointnya ,lebih baik mandi buang kotoran sebelum mandi hadas.. Wallahualam ..

Assalamualaikum, nak tnye skit ni, klo kite org mndi junub dlu bru mndi biasa bleh ke,, sah kah ape nddak ni mndi junub yg kite krejekan tu,, tlong di jwab ye,, trme ksehh,, wa'alaikum salam,

tidak perlu diulang, karna cairan yang keluar dari kemaluan seusai mandi wajib jika keluarnya tidak dengan syahwat berikutnya, ini termasuk sisa dari air mani sebelumnya maka tidak wajib mandi lagi, cukup dengan membersihkannya dengan air. Bila sudah berwudhu dan masih juga ada yang keluar walau pun sedikit maka cukup dibersihkan dan mengulang wudhunya.

waalaikumsalamm.
mandi junubnya sah, yg gak goleh itu mandi biasa dulu baru mandi junub, kalau kamu mandi biasa dulu darimana kamu tau kalau mandi wajibnya sudah merata atau belum kan badan dah basah semua. jd kalu kamu mandi junub dulu kmudian mandi biasa gak apa2 yg jelas mandi junubnya merata membasahi tubuh..

kalau kamu mandi biasa dulu tau darimana kamu kalau mandi wajibnya sudah merata atau blum kan badan dah basah semua?? mandi wajib kan wajib merata.
jd yg bener tuh niat dulu baru mandi wajib...

Allah maha mengetahui Insyaallah boleh..
karena niat tidak harus dilafadzkan dalam bahasa arab, didalam hatipun tidak masalah yang penting niat kita melakukannya jelas yaitu mandi wajib.

Insyaallah boleh, karna Allah maha mengetahui semua bahasa..

tdak prlu dialas dengan kain cukup mengambil air dengan telapak tangan dan mencuci kemaluan dengan telapak tangan kiri sehingga bersih. Kemudian telapak tangan kiri itu digosokkan ke lantai atau ke tembok sebanyak tiga kali. Dan setelah itu dibasuh dengan air.

Gan kalo misalnya baca niat langsung mandi sah ngak mandi wajibnya

Assalamu'alaikum. maaf ustad, tolong disampaikan dalil yang menjelaskan tentang niat mandi wajib serta derajat hadistnya. dan konskwensi dari derajat hadist tersebut. syukron.

Benar.. Mandi junub itu di segerakan karna utamanya shalat adalah dalam keadaan suci.. Kalau kita tau bahwa kita telah berhadast besar lalu menunda nunda bahkan mendirikan sholat dan membaca atau membawa alqur'an saat kondisi berhadast maka itu termasuk kesengajaan.. Maka berdosa kita karna menunda dan berdosa telah mendirikan sholat dan membaca atau membawa alqur'an.

Selama ini saya mandi hadas besar dengan niat nawaitu rafaal hadasil akbari lillahitaala adakah sah niat itu?

Gan kan saya pernah ngedengerin ustd ceramah katanya harus membersihkannya pada sebelum adzan\sholat subuh tapi gimana kalo terjadnya pas siang hari apa harus mandi wajibnya nunggu besok subuh ?
Mohon dijawab !
Wassalammualaikum

Urutan mandi wajib yg benar gimana ya? Mandi dulu sampai bersih baru niat mandi wajib atau niat sambil mandi membersihkan badan....
Terima kasih

Mau tanya nih.. Kalo ane kan dulu belum tau mandi wajib setelah keluar air mani, jadi sholatnya sah ga??

Klo ga salah doa yg anda baca adalah doa ketika sedag berwudhu membasuh muka, bukan doa mandi junub

Setiap kali air mani itu kluar kene mandi wajib ke

saya mau nanya , bagaimana ciri-ciri orang yang sudah benar mandi wajibnya?


tolan jawabya

terimakasih :)

kaka, saya mau nanya , bagimanakah ciri-ciri orang yang sudah benar mandi wajibnya/ yang sudah sah

tolong jawab ? terimakasih

Gan ane mo nanya dong,smlm kn ane mmpi basah pe 2x klwr'a,trs ane mndi'a pas pgi jam 6'n tu,pa kh d'bwa shlt'a sah2 z pa gk tu gan,jwb y kn,,mksi sblm'a

Saya tidak tahu sebelumnya niat & tata cara mandi besar,sholat saya sah atau tidak?!?

doa setelah mandi wajib ada nggak ya? klau ada tlong kasih tau"

Assalamu'alaikum
saya mau tanya. Saya kalau mandi wajib awalnya mandi seperti biasa lalu niat pakai b. Indonesia dalam hati itu sah tidak? Lalu dalam sunnah mandi wajib kan ada berwudhu, kalau saat mandi wajib setelah wudhu saya kencing/kentut mandinya batal ga? Abis mandi boleh langsung solat ga kalo gitu

Kalau mandi wajib tapi yang di baca hanya artix bgmna??
Sah atu tdak ??

terima kasih admin, semoga dengan artikel ini semuanya bisa tahu mengenai syarat sah mandi wajib

terima kasih admin, semoga dengan artikel ini semuanya bisa tahu mengenai syarat sah mandi wajib

alhamdulilah..
ini artkelnya lumayan cukup bagus..
semoga yang membaca bisa tercerahkan bagaimana cara mandi wajib yang benera...
pokok e semngat berjihad.. :-b

saya slama ini gak tau tata cara dan bacaan nya. ktika akan mandi besar, saya cma brucap dalam hati, bismilah niat ku mandi besar. jadi bgaimana dgn sgala ibadah saya slama ini, apakah sah???

sah,, kartena diawali dengan niat....

Bagaimana jika air yg saya gunakan itu tidak banyak, sekitar 1 ember ttpi dlm ember itu ketika mandi krannya mengalir sambil mandi wajib itu
&apa sah jika si air yg saya pake itu ada bbrapa tetes air msk ke ember trsebut, namanya ember kan pendek yah jd si air itu sbgian ada yg msk kmbali, paling bbrapa teteslah, nahhhh gmana itu? syah ga?

Jk doa tersebt yg selalu and baca mk slm in mnd wajib anda tdk pernah sah ..karna doa yang anda baca salah..doa yang benar.. NAWAITU GHUSLA LIRAF'LI HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHITA'AALLA...

Maaf saya mau bertanya, kan kata bang machfud "tdak prlu dialas dengan kain cukup mengambil air dengan telapak tangan dan mencuci kemaluan dengan telapak tangan kiri sehingga bersih. Kemudian telapak tangan kiri itu digosokkan ke lantai atau ke tembok sebanyak tiga kali. Dan setelah itu dibasuh dengan air." dr kata tsb apakah boleh saat mandi wajib tdk menggosokan tangan kiri kita slh membersihkan kemaluan. TApi apakah itu sah?

Mohon dijawab :)

Assalamualaikum.

Sebagai umat nabi muhammad saw.
Kita wajib meneladani beliu seperti firman allah.
Termasuk masalah mandi wajib ini kita juga harus mencontoh atau meneladani sifat mandi wajib rasululloh mungkin bisa saudara pelajari di sini
Silahkan buka linknya dan pelajari isinya :)

http://alatsar.wordpress.com/2009/04/07/sifat-mandi-junub-rasululloh/

Syukron..

Emang kalau mandi wajib tidak pakai sabun dan sampoo

Kalo saya mimpi basah terus puasa ramadhan tidak mandi wajib tidak sah ya?

Numpang nanya. Setelah kita membaca niat mandi wajib. Disaat kita mau mandi disarankan harus mendahulukan yang mana?
Atau setelah membaca niatnya kita mandi seperti layaknya mandi biasa?
Mohon bimbingannya. Terimakasi....

Assalamualaikum.
Maaf ini saya mau bertanya,saya mencari info tntang mandi wajib/mandi junub nah
Pasti niat dri hati,
Ini yg saya pertanyakan,bukan berarti saya ragu kalau ragu mandinya tidah sah betul tidak,hanya sling mncri informasi,
1.Mencuci kedua tanagan menggunakan air yg mengalir
2.Mencuci kemaluan dengan sabun membersihkan dengan tangan kiri menggunakan air yg mengalir
3.Berwudhu sperti orang sholat
4.membasuh kepala atau rambut hingga mengenai kulit
5.Membasuh atau menyiram kepala sebanyak 3x
6.Membasuh seluruh tubuh
Dri poin 1-6 menggunakan air yg mengalir dari selang.
Bgaimana ada yg slah atau tidak ni mas

Assalamualaikum.
Maaf ini saya mau bertanya,saya mencari info tntang mandi wajib/mandi junub nah
Pasti niat dri hati,
Ini yg saya pertanyakan,bukan berarti saya ragu kalau ragu mandinya tidah sah betul tidak,hanya sling mncri informasi,
1.Mencuci kedua tanagan menggunakan air yg mengalir
2.Mencuci kemaluan dengan sabun membersihkan dengan tangan kiri menggunakan air yg mengalir
3.Berwudhu sperti orang sholat
4.membasuh kepala atau rambut hingga mengenai kulit
5.Membasuh atau menyiram kepala sebanyak 3x
6.Membasuh seluruh tubuh
Dri poin 1-6 menggunakan air yg mengalir dari selang.
Bgaimana ada yg slah atau tidak ni mas

kalo kita masih berada di keadaan tidak suci (masih mbelum mandi wajib) apakah sah kalo berpuasa.

Visiting : http://linuxituindah.blogspot.com

Makasih banyak bang atas informasi yang abang kasih buat kami kami semua nya :-)

Do.a setelah mandi junub ada gak..

Kalau doa nya cman artinya aja sah gk

bener tuh bacaan anda,, "LIRAF’LI"?? bukannya LIRAF’IL yaa..

Assalamu'alaikum.. mau tnya... kalau kita tegang sampai keluar lendir, apa itu air MANI trus kita Wajib mandi besar? Mohon jawabanya. Mksh

Sah ato tidaknya niat itu tergantung Allah... niat itu tidak perlu di ucapkan. Cukup saja membaca "Bismillah" niat tu klo anda sdh mau melakukan kebaikan...

Assalamu'alaikum.......Mo tanya ne Slama ne saya nandi besar gax pake wudhu dulu apakah mandi saya syah ??? mhn dijwab makasih

Yang saya tau, niat itu dari hati, bukan dengan lisan, karena di akhirat nanti mulut kita akan di kunci, jadi gak perlu kita mengucapkan nawaitu atau ushali, yang terpenting hati kita niat dengan bersungguh2 untuk melakukan mandi junub, yang saya tau kenapa kita terbiasa membaca niat dengan lisan itu karena tradisi yg memang sudah ada lama di indonesia, yang akhirnya terbawa dengan kita hingga sekarang, jadi tanpa membaca niat asalkan kita punya kesungguhan hati untuk melakukannya dan niat sungguh2, itu sah sah saja, terimakasih, hanya sekedar share saja

intinya apabila anda belum mengetahui yang sebenarnya allah SWT pasti memaklumi, gali ilmu islam sedalam dalam nya sehingga kita menjadi muslim yang di ridhoi oleh allah SWT amin

Niat mandi besar dahulu atau wudlu dulu?

Assalamualaikum.
Apakah niat mandi besar dahulu atau wudlu dahulu?

Walaikum salam
selengkapnya lihat disini : http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

itu tersa enek apa nyah tuh,,,,,,, hahaha bales yah kalau punya pulsa

Mau tanya, kalo mandi wajib setelah menstruasi itu. Harus wudhu dulu baru mandi wajib apa mandi wajib dulu baru wudhu ? Makasih

Kalo mandi wajib setelah menstruasi itu harus wudhu dulu baru mandi wajib apa mandi wajib dulu baru wudhu ?makasih

wudhu dulu stlah itu baru mandi tata caranya sama dgn mandi junub namun ada bberapa hal yang ditambahkan.
selengkapnya baca http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

Walaikum salam wr. wb
Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Adapun mendahulukan mencuci anggota wudhu ketika mandi itu tidaklah wajib. Cukup dengan seseorang mengguyur badan ke seluruh badan tanpa didahului dengan berwudhu, maka itu sudah disebut mandi (al ghuslu)”.

insyaallah sah krna doa itu tidak harus berbhasa arab, krna allah maha mengetahui semua bhsa di bumi..

apabila antum junub pda siang hari mka sbelum melakukan sholat zhurur diwajibkan lansung mandi krna apabila menunggu sampai wktu subuh mka sholat yg antum kerjakan tdak sah.
wallahualam bissawab..

selengkapnya baca :http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

ciri2 org yg sdh bnar mandi wajibnya apabila sudah melakukan yg tlh dicontohkan oleh nabi kita.
selengkapnya baca : http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

kalau antum lupa untuk mandi wajib maka tidak masalah, krna nabi pernah lupa mandi stelah junub pd waktu subuh lalu beliau mandi di pagi harinya. ttapi kalau disengaja maka shalatnya tidak sah..
wallahualam bissawab

ass, saya mau tanya, jika mandi wajib hanya disertai niat saja dan dilanjutkan dengan mandi biasa, apakah itu sah?

Apa bila kita hanya mengambil air wudhu dan berniat karena allah seblum menbersihkan diri kembali? Apa itu Sah?

Terimah kasih.

Dalam hati boleh... Allah itu maha tahu lg maha mendengar apa yg ada ddlm hati stiap mahluk nya.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
saya mau tanya, apakah mandi wajib itu harus dekat dengan waktu shalat ? jadi setelah mandi diwajibkan utk langsung melaksanakan shalat ?
saya seringkali mandi junub jauh dari waktu shalat, misal jam 9 pagi saya mandi wajib, setelah itu melakukan aktivitas seperti biasa. nah, ketika masuk waktu dzuhur, apakah saya harus berwudhu lagi utk melaksanakan shalat ?
mohon jawabannya mas, karena saya khawatir ibadah saya tidak sah.. terima kasih

Bang yang bener tuh bacaannya LIRAF'IL atau LIRAF'LI.
Tolong di jawab ya

Apabila saya mandi wajib dahulu, kemudian setelah mandi wajib saya mandi seperti biasa apakah sah ??

yg penting setelah kita tau mana yg benar. apakah menjadikan kita lebih dekat dengan Alloh, memperbanyak pengetahuan untuk senantiasa melakukan amalan, dan tetap istiqomah di jalan-Nya atau sebaliknya. di banyak firman Alloh, Alloh Maha Pengampun , Maha Kasih. ampunan Alloh luas. kalau tidak tau, Alloh senantiasa mengampuni, tapi jangan membuat kita jadi cuek cuek saja kalo banyak tidak tau nya :) itu lain cerita.

Alloh Maha Tahu apa yg kita ucapkan, apa yg kita sembunyikan. di banyak kesempatan, ketidak tahuan kita senantiasa Alloh ampuni. berbeda dengan yg sengaja tidak mencari tau. itu yg ga boleh. semoga membantu.

Bang kalo mandi wajibnya pake air hangat boleh gak....

Tolong dijawab ya

Alhamdulillah sekarang do'anya sudah hafal :)

mandi besar tak semata-mata mandi tapi membersihkan kotoran yang melekat ketika berjima dsd

tapi saya pernah mendengar do'a yang lain untuk mandi besar ini

saya menggunakan niat dengan bahasa indonesia. katanya wudhunya seperti wudhu biasa kecuali kedua kaki yang di basuh saya selesai mandi wajib. Terima Kasih

I LOVE ISLAM ({})

iya beneran nih , kita sering lupa (kadang kadang tapi) hehe

Thank,s sob aku hafal di blog ini dulu ngaji belom sampe pelajaran ini tapi sudah keluar merantau makasih sob

Thanks atas infonya,ini sangat bermanfaat sekali :D

Saya mau tanya jikaa celana dalam yg kita pakai terkena air mani , trus stelah kita mandi wajib kita pakai celana itu sah atau tidak? dan bagaimana cara mencuci pakaian nya?

Ikut urun rembug. Kalau sekedar air mani menurut saya sih sah. Karena air mani itu tidak najis. Cara mencucinya ya seperti biasa layaknya mencuci pakaian lainnya.
Perlu diketahui bahwa yang keluar dari kemaluan seorang laki-laki itu ada tiga : air kencing, air madzi, dan air mani. Air kencing dan air madzi itu hukumnya najis. Air mani hukumnya tidak najis.
Tentang air madzi itu seperti jika laki-laki melihat gambar yang "syur" lalu kemaluannya basah karena keluar air madzi.
Mohon koreksi dan maaf jika penjelasan ini salah ...

info yang berguna

iya emang ada doa yg lain selain doa ini..

Kalo abis bersetubuh trs keluar air mani apakah mandi wajib / gak??

kalo hbis bersetubuh trus keluar mani wajib mandi junub...

Teman saya baru tahu mimpi basah itu apa , katanya dia pernah dulu... Dan selama INI apakah dia sah shalatnya ?

gan cara ngetik arab di blog kaya gitu gmana ?

cara ngetik arab di blog kaya gitu gmana yah, mohon bantuannya

Jamaah.. Kata guru ngaji saya.. Jaman sekarang bodo agama itu tidak diampuni berbeda pas jaman dulu... Sekarang guru ngaji banyak, pengajian banyak, cari ilmu skrang akses internetpun ada. Jadi masa jaman sekarang bodo...

Bang kalau niatnya nawaitu gushla liraf il hadasil akbari minal janbati fardhu lilahitaala betul gk niatnya

Assalamu alaikum..
jadi tata cara yg saya pelajari:
berwudhu dahulu
cuci tangan
basuh kemaluan(bersihkan tangan kemmbali)
basuh kepala hingga merata ke kulit kepala
dan basahi seluruh tubuh.
benar kah begitu kang.?

oia satu lagi
baca niat mandi besarnyaa pas kita cuci tangan setelai berwudhuu

mohon tanggapannya

Kalo sahnya insya allah sah. Tpi di trima atau tidaknya hanya allah yang tau.
yang pnting jangan di sengaja. Jika sudah tau tpi msh ttp mnjalankan shalat bukan pahala yg di dapat tpi dosa. Trx

Kalo ngeluarin mani.. mandi wajibnya pake sampo sabun sikat gigi dan pembersih lainnya. jadi lgsg mandi wajib saja. Sah atau tidak

Kalau ngeluarin mani.. mandi wajibnya pake sabun sampo & menyikat gigi. Jadi cuma mandi wajib saja. Sah apa tidak

Kalo sehabis mandi junub terus mandi biasa boleh gk?
Plisssss jawabannya

Klo mandinya sambil liat hp untuk melihat petunjuk2nya boleh kan?
Please reply penting bgt

klo menyentuh air mani boleh mandi wajib gak?

Diatas dijelaskan air mani keluarnya tersenda sendat dan terasa nikmat. Terkadang penis saya suka keluar dengan sendirinya, tetapi dlm jumlah yg sangat sedikit, dan tanpa saya sadari. Apakah saya harus tetap mandi wajib?
Terima kasih

Diatas dijelaskan air mani keluarnya tersendat sendat dan terasa nikmat, Terkadang penis saya suka keluar air mani dengan sendirinya, dalam jumlah yg sangat sedikit dan tanpa saya sadari. Apakah saya harus tetap mandi wajib? Sedangkan keluarnya air mani saya tanpa disengaja

Harus seseorang itu menangguhkan mandi wajib melainkan jika dia hendak menunaikan solat. Mandi wajib atau janabah bukanlah kewajiban yang mesti disegerakan, dia boleh menangguhkannya walaupun tanpa ada keperluan.

Jom belajar cara mandi wajib lelaki

Asalamualaikum. Saya mandi wajib dengan pertama yaitu membaca niat dalam hati, kedua membasuh kepala hingga sela2 rambut . Kuping membasuh ketiak saya dan membasuh kemaluan sayaa dan tetakhir saya bawak mandi. Apakah itu sah??? Tolng penjlasan

Makasih informasinya mas
semoga barokah ilmunya

Assalamualaikum
Saya mau tanya nih, saya kan habis keluar mani terus saya mandi junub, nah habis mandi junub saya langsung mandi biasa apakah sah seperti itu?

Kalo saya habis mandi junub terus saya mandi biasa apakah boleh?

Kalo saya habis mandi junub terus saya mandi biasa apakah boleh?

Assalamualaikum
Saya mau tanya nih kan saya mandi junub terus saya langsung mandi biasa apakah boleh atau ada sela waktu nya, tolong jawab

Gan numpang tanya.tpi di jawab ya. Ini penting. Klo niat nya aja boleh tidak. Udah itu langsung mandi. Tanpa pake gerakan wushu. Terimakasih. Ni klo mau langsung tanya di fb gua richy praji

Klo urutan cara mndi wajibnya g urut gmn..? Soalnya sy mndi wjibnya lpa wudlunya jdi wudlunya di belakangan... tolong infonya segera..!

Mandi biasa duluan apa mandi wajibnya yang duluan?

apakah tata cara mandi junub, haid, wiladah dan nifas itu sama??

apakah tata cara mandi haid, junub, wiladah dan nifas itu sama?

Assalammualaikum.. Mau nanya nih klo niat di awali dengan bismillah gk ? Tolong di jawab

Jika saya mimpi basah di tengah malam terus mandi wajibnya di pagi hari apakah boleh?

Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

Assalamualaikum,apakah normal jika seorang lelaki mengalami mimpi basah sebanyak 2X?mohon penjelasannya
Trimakasih

Niat mandi wajib
Cuci tangan kanan kiri 3x
Cuci kemaluan 3x
Cuci tangan bekas kemaluan dgn sabun/ketembok
Wudhu seperti biasa jgn kakinya yg abis mndi
Siram air ke kpala 3x
Menyela2 kulit sambil disiram air 3x
Siram air ke bdn dri kanan ke kiri 3x

min mau nanyan, kalau niat nya masih bawa kertas kedalam kamar mandi bagaimana, boleh atau tidak? Terima kasih

Assalam mualaikum.. machfud ilahi bole ke beri jawapan kepada rofi baihaqi , sye mhu thu juga.

bisa asal sebelum solat subuh

boleh aja, asal mandi wajibnya sebelum mau shalat subuh...

waalaikumsalam...
apapun niat yang baik, seharusnya di awali dengan bacaan basmalah....

silahkan baca http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

sebaiknya mandi wajib duluan, supaya kita tahu bagian mana yang belum basah oleh air, supaya mandinya sempurna...

walaikumsalam,
udah saya jawab...

Assalamualaikum
Tanya kalau tidak tahu cara mandi besar tetapi sudah berhadast besar,itu cuma membasuh bagian kemaluan dan membaca doa pakai bhs indo itu sah apa tidak

assalammualaikum
min mo tnya dong, klo mndi wajib ntu di haruskan menghadap kiblat ga? thx,
wassalam

assalammualaikum,
min ane mo nanya, klo mandi wajib ntu di haruskan menghadap kiblat ato ngga? makasi
wassalam,,,

Assalamualaikum
Saya mau tanya, , kalo keluar mani nya malam dan mandi nya pagi atau siang nya boleh ga?

Aslamualikum,,,
Sy mau nya semalam sy mimpi basah cuman sy kurang tau tata cara mandi wajib nya tpi sy kemarin memulai dri ber wuduh apakah sah itu ,, karna sy blm tau tata cara mandi wajib dan niat nya sebenar nya gimana

Aslamualikum,,,
Sy mau nya semalam sy mimpi basah cuman sy kurang tau tata cara mandi wajib nya tpi sy kemarin memulai dri ber wuduh apakah sah itu ,, karna sy blm tau tata cara mandi wajib dan niat nya sebenar nya gimana mhon penjelasan nya
Wasalam....

Aslamualikum,,,
Sy mau nya semalam sy mimpi basah cuman sy kurang tau tata cara mandi wajib nya tpi sy kemarin memulai dri ber wuduh apakah sah itu ,, karna sy blm tau tata cara mandi wajib dan niat nya sebenar nya gimana mhon penjelasn nya

Wassalam.............

Assalammualaikum......
Bang mau naxa, ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla lirafil hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

Assalammualaikum.....
Bang mau naxa, ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

Assalammualaikum......
Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

Assalammualaikum......
Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

Assalammualaikum......
Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

Assalammualaikum......
Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

Assalammualaikum......
Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

Assalammualaikum......
Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

Bang mau nanya, mandi wajib itu bisa di laksanain jam berapa aja kan atau ada waktu tertentu ?
Tolong pencerahannya, terimakasih

Bang mau nanya, mandi wajib itu bisa di laksanain jam berapa aja kan atau ada waktu tertentu ?
Tolong pencerahannya, terimakasih

Apa Boleh Baca Doa nya Engga Pake Bahasa Arab , Tapi Pakai Bahasa indonesia(niatnya) ?

Assalamualaikum

Mohon bantuannya admin dan teman 2

Saya bingung mandi wajib wudhu nya sebelum mandi wajib atau setelah mandi wajib

Saya pernah mendengar ceramah di masjid dari pak kiai yg saya tau dia bergelar doktorandus namanya biasa saya baca di papan pengumuman imam sholat jumat

Beliu berkata wudhu nya setelah mandi wajib karena wudhu untuk menghilangkan hadas kecil sedangkan yang kecil tidak bisa menghilangkan yang besar banyak rujukan dalil yang di ucapkannya, tapi saya lupa dan tidak mampu untuk menjelaskannya di forum ini

Jadi seperti apakah mestinya urutan yg paling di benarkan, mohon bantuannya

Terimakasih

maksih atas infonya
jd bisa mandi wajib dgn lebih benar lg

Saya baca dari yang lain doa untuk mandi wajib ini
Ada yang beda apa itu bener.?

Saya liat dari yang lain bacaan niat untuk mandi wajib beda sama yang di web ini apa itu bener juga.?

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 419   Newer›   Newest»

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan link aktif dalam komentar, karena itu dianggap SPAM dan akan DIHAPUS.