Cara Mandi Wajib Lengkap Dengan Do'a Dan Niatnya

Hukum Mandi

Bagi orang yang akan melakukan shalat, tidak sah sholatnya jika masih mempunyai hadast besar.


Hadast besar adalah hadast yang disebabkan oleh Bersetubuh, Keluarmani, haid, nifas, dan melahirkan. Hadast besar dapat dihilangkan dengan mandi junub / janabat / mandi wajib / mandi hadast besar. Hukum mandi besar adalah wajib.

Sebab - sebab yang mewajibkan mandi Junub adalah:

  • Bersetubuh 
  • Keluar air mani (baik karena bersetubuh maupun karena mimpi atau sebab lainnya)
  • Mati yang bukan Syahid (Orang mati syahid tidak wajib dimandikan)
  • Selesai haid (menstruasi)
  • Selesai Nifas
  • Wiladah (melahirkan).


Ciri - ciri Air Mani adalah:

  • keluarnya dari Kubul dengan memancar (tersendat-sendat).
  • Saat keluar terasa Nikmat.
  • Baunya:

  1. Jika masih basah seperti bau adonan roti atau bau mayang korma.
  2. Jika sudah kering seperti bau putih telur.


Fardhu Mandi Besar / Junub ada 3 yaitu:

1. Niat.

Niat ini dibaca dalam hati pada saat mulai membasuh bagian manapun dari tubuh.

Lafadz Niat Mandi Besar adalah:

NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya:

"Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala."

   2. Membasuh seluruh tubuh dengan air sampai rata (serta rambut dan kulitnya harus terkena air).

   3. Menghilangkan Najist jika ada yang menempel pada tubuh.

Sunat Mandi ada 5, yaitu:

  1. Membaca Basmalah ("Bismillahir rahmaanir rahiim pada saat akan mulai mandi.
  2. Berwudhu (sebelum mandi) seperti wudhu hendak sholat.
  3. Membasuh (menggosok) badan dengan tangan sampai 3 kali.
  4. Mendahulukan yang kanan dari pada yang kiri.
  5. Muwalat, yaitu sambung menyambung dalam membasuh anggota badan.

MANDI SUNAT

Selain mandi wajib, ada beberapa mandi yang disunatkan, yaitu:

  • Mandi ketika hendak Sholat Jumat.
  • Mandi ketika hendak Sholat Idul Fitri.
  • Mandi ketika hendak Sholat Idul Adha.
  • Mandi setelah sembuh dari penyakit gila.
  • Mandi ketika hendak melaksanakan ihram haji atau umrah.
  • Mandi setelah memandikan mayat.
  • Mandi seorang kafir setelah masuk islam.

Larangan bagi orang yang mempunyai Hadast Besar:

A. Larangan bagi orang yang sedang Junub:

  • Mendirikan Sholat, baik shalat wajib / sunat.
  • Mengerjakan Thawaf (Thawaf rukun haji / sunat).
  • Menyentuh / membawa Al-quran.
  • Berhenti lama (berdiam di masjid) / Itikaf.

B. Larangan bagi orang yang sedang Haid / Nifas:

  • Semua larangan point2 diatas.
  • Di cerai (ditalak)
  • Berpuasa (wajib / sunat)
  • Bersetubuh
  • Bersenang - senang antara pusar perut dan lutut.
  • Menyeberangi mesjid jika khawatir mengotorinya dengan darah.

Sumber : Machfud Blog

Subscribe to receive free email updates:

409 Responses to "Cara Mandi Wajib Lengkap Dengan Do'a Dan Niatnya"

  1. bagaimana hukumnya kalau air yg saya mandiin tidak mencapai 7 kulah atau 7 asta !!
    apakah sah,, atau tidak,,

    (sekian terimah gaji) :D

    ReplyDelete
  2. selama ini saya membaca doa stelah berhadas s
    rti ini '' NAWAITU WUDHU'A LII RAF'AL HADATSIL AKHBARII ANJAMII'LL BADAANI FARDHU LILAAHITAALLA " Apa doa saya itu benar?

    dan sya tdk pernah berwudhu sbelum mlakukan mandi hadas ,sya lngsung keramas mndi dan tentunya stelah mmbaca doa tersebut,jadi.. ap sah sholat saya jika saya mnyucikan diri tapi mungkin dgn doa yg keliru atw tdk prnah brwudhu sblmnya. skian,mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ga salah doa yg anda baca adalah doa ketika sedag berwudhu membasuh muka, bukan doa mandi junub

      Delete
    2. Jk doa tersebt yg selalu and baca mk slm in mnd wajib anda tdk pernah sah ..karna doa yang anda baca salah..doa yang benar.. NAWAITU GHUSLA LIRAF'LI HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHITA'AALLA...

      Delete
    3. bener tuh bacaan anda,, "LIRAF’LI"?? bukannya LIRAF’IL yaa..

      Delete
    4. Sah ato tidaknya niat itu tergantung Allah... niat itu tidak perlu di ucapkan. Cukup saja membaca "Bismillah" niat tu klo anda sdh mau melakukan kebaikan...

      Delete
    5. intinya apabila anda belum mengetahui yang sebenarnya allah SWT pasti memaklumi, gali ilmu islam sedalam dalam nya sehingga kita menjadi muslim yang di ridhoi oleh allah SWT amin

      Delete
    6. yg penting setelah kita tau mana yg benar. apakah menjadikan kita lebih dekat dengan Alloh, memperbanyak pengetahuan untuk senantiasa melakukan amalan, dan tetap istiqomah di jalan-Nya atau sebaliknya. di banyak firman Alloh, Alloh Maha Pengampun , Maha Kasih. ampunan Alloh luas. kalau tidak tau, Alloh senantiasa mengampuni, tapi jangan membuat kita jadi cuek cuek saja kalo banyak tidak tau nya :) itu lain cerita.

      Delete
    7. Alloh Maha Tahu apa yg kita ucapkan, apa yg kita sembunyikan. di banyak kesempatan, ketidak tahuan kita senantiasa Alloh ampuni. berbeda dengan yg sengaja tidak mencari tau. itu yg ga boleh. semoga membantu.

      Delete
  3. Saya'kan semalem hbs mimpi basah, tpi sya lupa dg mandi wajib, apa solat saya tidak sah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak tahu sah-sah saja, klau sudah tahu, sholat kita tidak sah

      Delete
    2. Kalau mandi wajib tapi yang di baca hanya artix bgmna??
      Sah atu tdak ??

      Delete
    3. Kalo sahnya insya allah sah. Tpi di trima atau tidaknya hanya allah yang tau.
      yang pnting jangan di sengaja. Jika sudah tau tpi msh ttp mnjalankan shalat bukan pahala yg di dapat tpi dosa. Trx

      Delete
  4. Mandi wajib di sertakan dengan sabun , shampo sah kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sah.. Sebelum kita nak memulah kan mandi wajib.. Kita mesti la mandi seperti biyasa dahulu untuk menghilangkan kotoran di badan kita..

      Delete
    2. klau menggunakan syampoo untuk mandi biasa dahulu tidak apa untuk membuang kotoran sbelum mandi wajib.. klau mau mndi wajib tiada saranan mengunakan shampoo .maka pointnya ,lebih baik mandi buang kotoran sebelum mandi hadas.. Wallahualam ..

      Delete
  5. Terimakasi ya atas informasix:-):-):-D

    Islam Itu Indah ;-)

    ReplyDelete
  6. Ermmm sye x brpa fham ar sal air mani ney...sye kn pkay pantilayner bab pat keja sye ney buzy ckit..so biasa nya ada sesuatu yg melekat d pad sye..tpy sye hanya menukarnya sblum solat apa kh solat sye itu sah atau x...tlong jawapan nya ya...tanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cecair tu melekat2 dan berbau. Itu ada la air mani.. Maka wajib lakita mandi hadas besar.. Kalau kita merasa ragu2 apa yg keluar tu air mani atau bukan.. Sebaik-baiknya kita lakukan la mandi wajib.

      Delete
  7. Sye x brpa fham ar sal air mani ney...sye kadang2 keluar gak air mani sye tpy saya x mandi bab sye guna pantilayner n pat keja sye buzy ckit shoppinh mall...n sya hanya tukar pantilayner sya sblum solat ada kh solat sye tdk sah...tolong jawapan nya ya..

    ReplyDelete
  8. kalo niat mandi sholat jumat apa bro :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sahaja aku mandi sunat hri jumaat krna Allahtaala

      Delete
  9. saya kan abis mimppi basah trus saya lupa mandi wajib . kalo mandi wajib nya besoknya atau kapannya gitu sah gak shalat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sah lah teman, karna apabila kita junub diwajibkan lansung mandi wajib...

      Delete
    2. Benar.. Mandi junub itu di segerakan karna utamanya shalat adalah dalam keadaan suci.. Kalau kita tau bahwa kita telah berhadast besar lalu menunda nunda bahkan mendirikan sholat dan membaca atau membawa alqur'an saat kondisi berhadast maka itu termasuk kesengajaan.. Maka berdosa kita karna menunda dan berdosa telah mendirikan sholat dan membaca atau membawa alqur'an.

      Delete
  10. Kalau mandi wajib pakai sabun sah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sah karna apabila seseorang ingin membersihkan badannya saat mandi janabah dengan sabun merupakan perkara yang disyariatkan. Tujuannya, untuk membersihkan kotoran dan najis yang masih menempel serta untuk menghilangkan bau tidak sedap yang menempel. Wallahu Ta’ala a’lam.

      Delete
    2. Assalamualaikum,apakah normal jika seorang lelaki mengalami mimpi basah sebanyak 2X?mohon penjelasannya
      Trimakasih

      Delete
  11. nak tanye...katenye sblom mandi wajib kite kene mandi mcm biase dulu..habis niat tu kite bace time bile.? katenye kne bace niat slum nk membasuh semua anggota badan dgn air..? tolong jawab pleaseee...sy konfiussss :-? @-) :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu mandi biasa dulu tau darimana kamu kalau mandi wajibnya sudah merata atau blum kan badan dah basah semua?? mandi wajib kan wajib merata.
      jd yg bener tuh niat dulu baru mandi wajib...

      Delete
  12. boleh kah kita membaca niat nya secara bahasa melayu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah boleh, karna Allah maha mengetahui semua bahasa..

      Delete
  13. apa yg sy tau berniat kena di baca secara serentak ketika mjirus air.. Itu apa yg sy dgr dr ustaz azhar idrus

    ReplyDelete
  14. apa yg sy tau ketika kta hendak mjirus air ke bdn utk memulakan mandi wajib.. Ianya haruslah di lakukan dgn serentak.. Mksdnya mjirus air scra serentak dgn berniat.. E2 adalah pnrgn yg sy dpt dr ustaz azhar idrus

    ReplyDelete
  15. apa yg sy tau ketika kta hendak mjirus air ke bdn utk memulakan mandi wajib.. Ianya haruslah di lakukan dgn serentak.. Mksdnya mjirus air scra serentak dgn berniat.. E2 adalah pnrgn yg sy dpt dr ustaz azhar idrus

    ReplyDelete
  16. setahu saya..bila seseorg blom bs lafaz niat bhs arab..bolh dgn bhs apa saja..ttp dia hrs cpt cpt bljr lfaz yg afzal trsbut..bila sdh bs ..ttp dia msh mngjrkn mmkai bhs melayu /sjnisnya..mk gg sah mndi wajibnya dia...Bhs arab bhs quran dan bhs berkomunikasi dgn Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah maha mengetahui Insyaallah boleh..
      karena niat tidak harus dilafadzkan dalam bahasa arab, didalam hatipun tidak masalah yang penting niat kita melakukannya jelas yaitu mandi wajib.

      Delete
  17. mau tanya..
    dikamar mandi bukannya tidak boleh menyebut nama allah atau pun bahasa arab, terus gimana kita baca niatnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhwan yg terhormat,klo untuk niat itu nggk ada salahnya,,kan ada niat masuk kamar mandi dan niat keluar dari kamar mandi wan..

      Delete
    2. Dalam hati boleh... Allah itu maha tahu lg maha mendengar apa yg ada ddlm hati stiap mahluk nya.

      Delete
  18. ka..saya mau tanya....kn kta'a klo abis mimpi basah.....klo g keramas......
    di haramkan untuk kita makan.......
    apakah itu bener ka.......

    ReplyDelete
  19. nak tanya, masa mandi hadas besar, bahagian kemaluan boleh di gosok terus atau harus di alas dgn kain atau benda lain? harap dapat bantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tdak prlu dialas dengan kain cukup mengambil air dengan telapak tangan dan mencuci kemaluan dengan telapak tangan kiri sehingga bersih. Kemudian telapak tangan kiri itu digosokkan ke lantai atau ke tembok sebanyak tiga kali. Dan setelah itu dibasuh dengan air.

      Delete
  20. Kalau saye sudah lame tak mandi wajib skrng saye mahu mandi wajib sah ke saye punye solat? :-?

    ReplyDelete
  21. Apa mandi besar tidak boleh menggunakan air hangat itu benar?

    ReplyDelete
  22. Khanifah permata sari8 March 2014 at 16:57

    Saya masih belum paham caranya mandi besar .
    Mandi besar itu basuh airnya dimulai dari kepala atau lengan sebelah kanan ?
    Terus setelah baca niat itu, langsung kaya mandi biasa atau gimana ?

    ReplyDelete
  23. alhamdulliah..terima kasih admin kerana berkongsi maklumat berguna

    ReplyDelete
  24. Bukankah semua bahasa didunia INI ciptaan tuhan.jadi semua itu Allah memahami.sah mengunakan bahasa apapun,Yg penting .NAWAITU.

    ReplyDelete
  25. apakah setiap mazhab punya cara2 sendiri untuk mandi wajib, kalau ada tolong sertakan imamnya =D. tapi setau saya cuma masalah najis apa ngganya, kalau imam syafi'i kayaknya bukannya najis tapi malah suci, tapi tetap harus mandi junub. benar apa tidak pak? :-s :-b :>)

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum.
    Tadi saya mandi wajib.
    stelah selesai saya bercebok lagi, terus menyiram air kepala,badan,kaki. Dikhawatirkan terkena percikan air bekas cebok...apa mandi saya sah? Mohon jawabannya. Terima kasih.
    Wassallam. .

    ReplyDelete
  27. Mau nanya min..
    saya kan berhubngan, slesai mandi wajib masih ada yang keluar, bgaimana tuh, apa mandi wajibnya harus saya ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu diulang, karna cairan yang keluar dari kemaluan seusai mandi wajib jika keluarnya tidak dengan syahwat berikutnya, ini termasuk sisa dari air mani sebelumnya maka tidak wajib mandi lagi, cukup dengan membersihkannya dengan air. Bila sudah berwudhu dan masih juga ada yang keluar walau pun sedikit maka cukup dibersihkan dan mengulang wudhunya.

      Delete
  28. Assalamualaikum, nak tnye skit ni, klo kite org mndi junub dlu bru mndi biasa bleh ke,, sah kah ape nddak ni mndi junub yg kite krejekan tu,, tlong di jwab ye,, trme ksehh,, wa'alaikum salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalamm.
      mandi junubnya sah, yg gak goleh itu mandi biasa dulu baru mandi junub, kalau kamu mandi biasa dulu darimana kamu tau kalau mandi wajibnya sudah merata atau belum kan badan dah basah semua. jd kalu kamu mandi junub dulu kmudian mandi biasa gak apa2 yg jelas mandi junubnya merata membasahi tubuh..

      Delete
    2. Gan kan saya pernah ngedengerin ustd ceramah katanya harus membersihkannya pada sebelum adzan\sholat subuh tapi gimana kalo terjadnya pas siang hari apa harus mandi wajibnya nunggu besok subuh ?
      Mohon dijawab !
      Wassalammualaikum

      Delete
    3. apabila antum junub pda siang hari mka sbelum melakukan sholat zhurur diwajibkan lansung mandi krna apabila menunggu sampai wktu subuh mka sholat yg antum kerjakan tdak sah.
      wallahualam bissawab..

      Delete
  29. Gan kalo misalnya baca niat langsung mandi sah ngak mandi wajibnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sah,, kartena diawali dengan niat....

      Delete
  30. Assalamu'alaikum. maaf ustad, tolong disampaikan dalil yang menjelaskan tentang niat mandi wajib serta derajat hadistnya. dan konskwensi dari derajat hadist tersebut. syukron.

    ReplyDelete
  31. Selama ini saya mandi hadas besar dengan niat nawaitu rafaal hadasil akbari lillahitaala adakah sah niat itu?

    ReplyDelete
  32. Urutan mandi wajib yg benar gimana ya? Mandi dulu sampai bersih baru niat mandi wajib atau niat sambil mandi membersihkan badan....
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selengkapnya baca :http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

      Delete
  33. Mau tanya nih.. Kalo ane kan dulu belum tau mandi wajib setelah keluar air mani, jadi sholatnya sah ga??

    ReplyDelete
  34. Setiap kali air mani itu kluar kene mandi wajib ke

    ReplyDelete
  35. saya mau nanya , bagaimana ciri-ciri orang yang sudah benar mandi wajibnya?


    tolan jawabya

    terimakasih :)

    ReplyDelete
  36. kaka, saya mau nanya , bagimanakah ciri-ciri orang yang sudah benar mandi wajibnya/ yang sudah sah

    tolong jawab ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri2 org yg sdh bnar mandi wajibnya apabila sudah melakukan yg tlh dicontohkan oleh nabi kita.
      selengkapnya baca : http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

      Delete
  37. Gan ane mo nanya dong,smlm kn ane mmpi basah pe 2x klwr'a,trs ane mndi'a pas pgi jam 6'n tu,pa kh d'bwa shlt'a sah2 z pa gk tu gan,jwb y kn,,mksi sblm'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau antum lupa untuk mandi wajib maka tidak masalah, krna nabi pernah lupa mandi stelah junub pd waktu subuh lalu beliau mandi di pagi harinya. ttapi kalau disengaja maka shalatnya tidak sah..
      wallahualam bissawab

      Delete
  38. Saya tidak tahu sebelumnya niat & tata cara mandi besar,sholat saya sah atau tidak?!?

    ReplyDelete
  39. doa setelah mandi wajib ada nggak ya? klau ada tlong kasih tau"

    ReplyDelete
  40. Assalamu'alaikum
    saya mau tanya. Saya kalau mandi wajib awalnya mandi seperti biasa lalu niat pakai b. Indonesia dalam hati itu sah tidak? Lalu dalam sunnah mandi wajib kan ada berwudhu, kalau saat mandi wajib setelah wudhu saya kencing/kentut mandinya batal ga? Abis mandi boleh langsung solat ga kalo gitu

    ReplyDelete
  41. terima kasih admin, semoga dengan artikel ini semuanya bisa tahu mengenai syarat sah mandi wajib

    ReplyDelete
  42. terima kasih admin, semoga dengan artikel ini semuanya bisa tahu mengenai syarat sah mandi wajib

    ReplyDelete
  43. alhamdulilah..
    ini artkelnya lumayan cukup bagus..
    semoga yang membaca bisa tercerahkan bagaimana cara mandi wajib yang benera...
    pokok e semngat berjihad.. :-b

    ReplyDelete
  44. saya slama ini gak tau tata cara dan bacaan nya. ktika akan mandi besar, saya cma brucap dalam hati, bismilah niat ku mandi besar. jadi bgaimana dgn sgala ibadah saya slama ini, apakah sah???

    ReplyDelete
  45. Bagaimana jika air yg saya gunakan itu tidak banyak, sekitar 1 ember ttpi dlm ember itu ketika mandi krannya mengalir sambil mandi wajib itu
    &apa sah jika si air yg saya pake itu ada bbrapa tetes air msk ke ember trsebut, namanya ember kan pendek yah jd si air itu sbgian ada yg msk kmbali, paling bbrapa teteslah, nahhhh gmana itu? syah ga?

    ReplyDelete
  46. Maaf saya mau bertanya, kan kata bang machfud "tdak prlu dialas dengan kain cukup mengambil air dengan telapak tangan dan mencuci kemaluan dengan telapak tangan kiri sehingga bersih. Kemudian telapak tangan kiri itu digosokkan ke lantai atau ke tembok sebanyak tiga kali. Dan setelah itu dibasuh dengan air." dr kata tsb apakah boleh saat mandi wajib tdk menggosokan tangan kiri kita slh membersihkan kemaluan. TApi apakah itu sah?

    Mohon dijawab :)

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum.

    Sebagai umat nabi muhammad saw.
    Kita wajib meneladani beliu seperti firman allah.
    Termasuk masalah mandi wajib ini kita juga harus mencontoh atau meneladani sifat mandi wajib rasululloh mungkin bisa saudara pelajari di sini
    Silahkan buka linknya dan pelajari isinya :)

    http://alatsar.wordpress.com/2009/04/07/sifat-mandi-junub-rasululloh/

    Syukron..

    ReplyDelete
  48. Emang kalau mandi wajib tidak pakai sabun dan sampoo

    ReplyDelete
  49. Kalo saya mimpi basah terus puasa ramadhan tidak mandi wajib tidak sah ya?

    ReplyDelete
  50. Numpang nanya. Setelah kita membaca niat mandi wajib. Disaat kita mau mandi disarankan harus mendahulukan yang mana?
    Atau setelah membaca niatnya kita mandi seperti layaknya mandi biasa?
    Mohon bimbingannya. Terimakasi....

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum.
    Maaf ini saya mau bertanya,saya mencari info tntang mandi wajib/mandi junub nah
    Pasti niat dri hati,
    Ini yg saya pertanyakan,bukan berarti saya ragu kalau ragu mandinya tidah sah betul tidak,hanya sling mncri informasi,
    1.Mencuci kedua tanagan menggunakan air yg mengalir
    2.Mencuci kemaluan dengan sabun membersihkan dengan tangan kiri menggunakan air yg mengalir
    3.Berwudhu sperti orang sholat
    4.membasuh kepala atau rambut hingga mengenai kulit
    5.Membasuh atau menyiram kepala sebanyak 3x
    6.Membasuh seluruh tubuh
    Dri poin 1-6 menggunakan air yg mengalir dari selang.
    Bgaimana ada yg slah atau tidak ni mas

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum.
    Maaf ini saya mau bertanya,saya mencari info tntang mandi wajib/mandi junub nah
    Pasti niat dri hati,
    Ini yg saya pertanyakan,bukan berarti saya ragu kalau ragu mandinya tidah sah betul tidak,hanya sling mncri informasi,
    1.Mencuci kedua tanagan menggunakan air yg mengalir
    2.Mencuci kemaluan dengan sabun membersihkan dengan tangan kiri menggunakan air yg mengalir
    3.Berwudhu sperti orang sholat
    4.membasuh kepala atau rambut hingga mengenai kulit
    5.Membasuh atau menyiram kepala sebanyak 3x
    6.Membasuh seluruh tubuh
    Dri poin 1-6 menggunakan air yg mengalir dari selang.
    Bgaimana ada yg slah atau tidak ni mas

    ReplyDelete
  53. kalo kita masih berada di keadaan tidak suci (masih mbelum mandi wajib) apakah sah kalo berpuasa.

    Visiting : http://linuxituindah.blogspot.com

    ReplyDelete
  54. Makasih banyak bang atas informasi yang abang kasih buat kami kami semua nya :-)

    ReplyDelete
  55. Do.a setelah mandi junub ada gak..

    ReplyDelete
  56. Kalau doa nya cman artinya aja sah gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah sah krna doa itu tidak harus berbhasa arab, krna allah maha mengetahui semua bhsa di bumi..

      Delete
  57. Assalamu'alaikum.. mau tnya... kalau kita tegang sampai keluar lendir, apa itu air MANI trus kita Wajib mandi besar? Mohon jawabanya. Mksh

    ReplyDelete
  58. Assalamu'alaikum.......Mo tanya ne Slama ne saya nandi besar gax pake wudhu dulu apakah mandi saya syah ??? mhn dijwab makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam wr. wb
      Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Adapun mendahulukan mencuci anggota wudhu ketika mandi itu tidaklah wajib. Cukup dengan seseorang mengguyur badan ke seluruh badan tanpa didahului dengan berwudhu, maka itu sudah disebut mandi (al ghuslu)”.

      Delete
  59. Yang saya tau, niat itu dari hati, bukan dengan lisan, karena di akhirat nanti mulut kita akan di kunci, jadi gak perlu kita mengucapkan nawaitu atau ushali, yang terpenting hati kita niat dengan bersungguh2 untuk melakukan mandi junub, yang saya tau kenapa kita terbiasa membaca niat dengan lisan itu karena tradisi yg memang sudah ada lama di indonesia, yang akhirnya terbawa dengan kita hingga sekarang, jadi tanpa membaca niat asalkan kita punya kesungguhan hati untuk melakukannya dan niat sungguh2, itu sah sah saja, terimakasih, hanya sekedar share saja

    ReplyDelete
  60. Niat mandi besar dahulu atau wudlu dulu?

    ReplyDelete
  61. Assalamualaikum.
    Apakah niat mandi besar dahulu atau wudlu dahulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam
      selengkapnya lihat disini : http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

      Delete
  62. itu tersa enek apa nyah tuh,,,,,,, hahaha bales yah kalau punya pulsa

    ReplyDelete
  63. Mau tanya, kalo mandi wajib setelah menstruasi itu. Harus wudhu dulu baru mandi wajib apa mandi wajib dulu baru wudhu ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wudhu dulu stlah itu baru mandi tata caranya sama dgn mandi junub namun ada bberapa hal yang ditambahkan.
      selengkapnya baca http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

      Delete
  64. Kalo mandi wajib setelah menstruasi itu harus wudhu dulu baru mandi wajib apa mandi wajib dulu baru wudhu ?makasih

    ReplyDelete
  65. ass, saya mau tanya, jika mandi wajib hanya disertai niat saja dan dilanjutkan dengan mandi biasa, apakah itu sah?

    ReplyDelete
  66. Apa bila kita hanya mengambil air wudhu dan berniat karena allah seblum menbersihkan diri kembali? Apa itu Sah?

    Terimah kasih.

    ReplyDelete
  67. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    saya mau tanya, apakah mandi wajib itu harus dekat dengan waktu shalat ? jadi setelah mandi diwajibkan utk langsung melaksanakan shalat ?
    saya seringkali mandi junub jauh dari waktu shalat, misal jam 9 pagi saya mandi wajib, setelah itu melakukan aktivitas seperti biasa. nah, ketika masuk waktu dzuhur, apakah saya harus berwudhu lagi utk melaksanakan shalat ?
    mohon jawabannya mas, karena saya khawatir ibadah saya tidak sah.. terima kasih

    ReplyDelete
  68. Bang yang bener tuh bacaannya LIRAF'IL atau LIRAF'LI.
    Tolong di jawab ya

    ReplyDelete
  69. Apabila saya mandi wajib dahulu, kemudian setelah mandi wajib saya mandi seperti biasa apakah sah ??

    ReplyDelete
  70. Bang kalo mandi wajibnya pake air hangat boleh gak....

    Tolong dijawab ya

    ReplyDelete
  71. Alhamdulillah sekarang do'anya sudah hafal :)

    ReplyDelete
  72. mandi besar tak semata-mata mandi tapi membersihkan kotoran yang melekat ketika berjima dsd

    ReplyDelete
  73. tapi saya pernah mendengar do'a yang lain untuk mandi besar ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang ada doa yg lain selain doa ini..

      Delete
  74. saya menggunakan niat dengan bahasa indonesia. katanya wudhunya seperti wudhu biasa kecuali kedua kaki yang di basuh saya selesai mandi wajib. Terima Kasih

    ReplyDelete
  75. I LOVE ISLAM ({})

    ReplyDelete
  76. iya beneran nih , kita sering lupa (kadang kadang tapi) hehe

    ReplyDelete
  77. Thank,s sob aku hafal di blog ini dulu ngaji belom sampe pelajaran ini tapi sudah keluar merantau makasih sob

    ReplyDelete
  78. Thanks atas infonya,ini sangat bermanfaat sekali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

      Delete
    2. Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

      Delete
  79. Saya mau tanya jikaa celana dalam yg kita pakai terkena air mani , trus stelah kita mandi wajib kita pakai celana itu sah atau tidak? dan bagaimana cara mencuci pakaian nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut urun rembug. Kalau sekedar air mani menurut saya sih sah. Karena air mani itu tidak najis. Cara mencucinya ya seperti biasa layaknya mencuci pakaian lainnya.
      Perlu diketahui bahwa yang keluar dari kemaluan seorang laki-laki itu ada tiga : air kencing, air madzi, dan air mani. Air kencing dan air madzi itu hukumnya najis. Air mani hukumnya tidak najis.
      Tentang air madzi itu seperti jika laki-laki melihat gambar yang "syur" lalu kemaluannya basah karena keluar air madzi.
      Mohon koreksi dan maaf jika penjelasan ini salah ...

      Delete
  80. info yang berguna

    ReplyDelete
  81. Kalo abis bersetubuh trs keluar air mani apakah mandi wajib / gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hbis bersetubuh trus keluar mani wajib mandi junub...

      Delete
    2. Kalo saya habis mandi junub terus saya mandi biasa apakah boleh?

      Delete
    3. Kalo saya habis mandi junub terus saya mandi biasa apakah boleh?

      Delete
  82. Teman saya baru tahu mimpi basah itu apa , katanya dia pernah dulu... Dan selama INI apakah dia sah shalatnya ?

    ReplyDelete
  83. gan cara ngetik arab di blog kaya gitu gmana ?

    ReplyDelete
  84. cara ngetik arab di blog kaya gitu gmana yah, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  85. Jamaah.. Kata guru ngaji saya.. Jaman sekarang bodo agama itu tidak diampuni berbeda pas jaman dulu... Sekarang guru ngaji banyak, pengajian banyak, cari ilmu skrang akses internetpun ada. Jadi masa jaman sekarang bodo...

    ReplyDelete
  86. Bang kalau niatnya nawaitu gushla liraf il hadasil akbari minal janbati fardhu lilahitaala betul gk niatnya

    ReplyDelete
  87. Assalamu alaikum..
    jadi tata cara yg saya pelajari:
    berwudhu dahulu
    cuci tangan
    basuh kemaluan(bersihkan tangan kemmbali)
    basuh kepala hingga merata ke kulit kepala
    dan basahi seluruh tubuh.
    benar kah begitu kang.?

    oia satu lagi
    baca niat mandi besarnyaa pas kita cuci tangan setelai berwudhuu

    mohon tanggapannya

    ReplyDelete
  88. Kalo ngeluarin mani.. mandi wajibnya pake sampo sabun sikat gigi dan pembersih lainnya. jadi lgsg mandi wajib saja. Sah atau tidak

    ReplyDelete
  89. Kalau ngeluarin mani.. mandi wajibnya pake sabun sampo & menyikat gigi. Jadi cuma mandi wajib saja. Sah apa tidak

    ReplyDelete
  90. Kalo sehabis mandi junub terus mandi biasa boleh gk?
    Plisssss jawabannya

    ReplyDelete
  91. Klo mandinya sambil liat hp untuk melihat petunjuk2nya boleh kan?
    Please reply penting bgt

    ReplyDelete
  92. klo menyentuh air mani boleh mandi wajib gak?

    ReplyDelete
  93. Diatas dijelaskan air mani keluarnya tersenda sendat dan terasa nikmat. Terkadang penis saya suka keluar dengan sendirinya, tetapi dlm jumlah yg sangat sedikit, dan tanpa saya sadari. Apakah saya harus tetap mandi wajib?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  94. Diatas dijelaskan air mani keluarnya tersendat sendat dan terasa nikmat, Terkadang penis saya suka keluar air mani dengan sendirinya, dalam jumlah yg sangat sedikit dan tanpa saya sadari. Apakah saya harus tetap mandi wajib? Sedangkan keluarnya air mani saya tanpa disengaja

    ReplyDelete
  95. Harus seseorang itu menangguhkan mandi wajib melainkan jika dia hendak menunaikan solat. Mandi wajib atau janabah bukanlah kewajiban yang mesti disegerakan, dia boleh menangguhkannya walaupun tanpa ada keperluan.

    Jom belajar cara mandi wajib lelaki

    ReplyDelete
  96. Asalamualaikum. Saya mandi wajib dengan pertama yaitu membaca niat dalam hati, kedua membasuh kepala hingga sela2 rambut . Kuping membasuh ketiak saya dan membasuh kemaluan sayaa dan tetakhir saya bawak mandi. Apakah itu sah??? Tolng penjlasan

    ReplyDelete
  97. Makasih informasinya mas
    semoga barokah ilmunya

    ReplyDelete
  98. Assalamualaikum
    Saya mau tanya nih, saya kan habis keluar mani terus saya mandi junub, nah habis mandi junub saya langsung mandi biasa apakah sah seperti itu?

    ReplyDelete
  99. Assalamualaikum
    Saya mau tanya nih kan saya mandi junub terus saya langsung mandi biasa apakah boleh atau ada sela waktu nya, tolong jawab

    ReplyDelete
  100. Gan numpang tanya.tpi di jawab ya. Ini penting. Klo niat nya aja boleh tidak. Udah itu langsung mandi. Tanpa pake gerakan wushu. Terimakasih. Ni klo mau langsung tanya di fb gua richy praji

    ReplyDelete
  101. Klo urutan cara mndi wajibnya g urut gmn..? Soalnya sy mndi wjibnya lpa wudlunya jdi wudlunya di belakangan... tolong infonya segera..!

    ReplyDelete
  102. Mandi biasa duluan apa mandi wajibnya yang duluan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya mandi wajib duluan, supaya kita tahu bagian mana yang belum basah oleh air, supaya mandinya sempurna...

      Delete
  103. apakah tata cara mandi junub, haid, wiladah dan nifas itu sama??

    ReplyDelete
  104. apakah tata cara mandi haid, junub, wiladah dan nifas itu sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan baca http://solafussholeh.blogspot.com/2014/08/tata-cara-mandi-wajib-sesuai-sunnah.html

      Delete
  105. Assalammualaikum.. Mau nanya nih klo niat di awali dengan bismillah gk ? Tolong di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam...
      apapun niat yang baik, seharusnya di awali dengan bacaan basmalah....

      Delete
  106. Jika saya mimpi basah di tengah malam terus mandi wajibnya di pagi hari apakah boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asal sebelum solat subuh

      Delete
    2. boleh aja, asal mandi wajibnya sebelum mau shalat subuh...

      Delete
  107. Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

    ReplyDelete
  108. Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

    ReplyDelete
  109. Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

    ReplyDelete
  110. Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

    ReplyDelete
  111. Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

    ReplyDelete
  112. Jika setelah haid lupa mandi wajib langsung bersetubuh niat apa yg harus di baca saat mandi wajib?

    ReplyDelete
  113. Niat mandi wajib
    Cuci tangan kanan kiri 3x
    Cuci kemaluan 3x
    Cuci tangan bekas kemaluan dgn sabun/ketembok
    Wudhu seperti biasa jgn kakinya yg abis mndi
    Siram air ke kpala 3x
    Menyela2 kulit sambil disiram air 3x
    Siram air ke bdn dri kanan ke kiri 3x

    ReplyDelete
  114. min mau nanyan, kalau niat nya masih bawa kertas kedalam kamar mandi bagaimana, boleh atau tidak? Terima kasih

    ReplyDelete
  115. Assalam mualaikum.. machfud ilahi bole ke beri jawapan kepada rofi baihaqi , sye mhu thu juga.

    ReplyDelete
  116. Assalamualaikum
    Tanya kalau tidak tahu cara mandi besar tetapi sudah berhadast besar,itu cuma membasuh bagian kemaluan dan membaca doa pakai bhs indo itu sah apa tidak

    ReplyDelete
  117. assalammualaikum
    min mo tnya dong, klo mndi wajib ntu di haruskan menghadap kiblat ga? thx,
    wassalam

    ReplyDelete
  118. assalammualaikum,
    min ane mo nanya, klo mandi wajib ntu di haruskan menghadap kiblat ato ngga? makasi
    wassalam,,,

    ReplyDelete
  119. Assalamualaikum
    Saya mau tanya, , kalo keluar mani nya malam dan mandi nya pagi atau siang nya boleh ga?

    ReplyDelete
  120. Aslamualikum,,,
    Sy mau nya semalam sy mimpi basah cuman sy kurang tau tata cara mandi wajib nya tpi sy kemarin memulai dri ber wuduh apakah sah itu ,, karna sy blm tau tata cara mandi wajib dan niat nya sebenar nya gimana

    ReplyDelete
  121. Aslamualikum,,,
    Sy mau nya semalam sy mimpi basah cuman sy kurang tau tata cara mandi wajib nya tpi sy kemarin memulai dri ber wuduh apakah sah itu ,, karna sy blm tau tata cara mandi wajib dan niat nya sebenar nya gimana mhon penjelasan nya
    Wasalam....

    ReplyDelete
  122. Aslamualikum,,,
    Sy mau nya semalam sy mimpi basah cuman sy kurang tau tata cara mandi wajib nya tpi sy kemarin memulai dri ber wuduh apakah sah itu ,, karna sy blm tau tata cara mandi wajib dan niat nya sebenar nya gimana mhon penjelasn nya

    Wassalam.............

    ReplyDelete
  123. Assalammualaikum......
    Bang mau naxa, ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla lirafil hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

    ReplyDelete
  124. Assalammualaikum.....
    Bang mau naxa, ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

    ReplyDelete
  125. Assalammualaikum......
    Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

    ReplyDelete
  126. Assalammualaikum......
    Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

    ReplyDelete
  127. Assalammualaikum......
    Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

    ReplyDelete
  128. Assalammualaikum......
    Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

    ReplyDelete
  129. Assalammualaikum......
    Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

    ReplyDelete
  130. Assalammualaikum......
    Bang mau naxa ada yg ngasih tau klo bacaan niat mandi junub itu ( Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari'an jami'il badani fardhal lillahi ta'ala ) nah gmana tu bang?

    ReplyDelete
  131. Bang mau nanya, mandi wajib itu bisa di laksanain jam berapa aja kan atau ada waktu tertentu ?
    Tolong pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
  132. Bang mau nanya, mandi wajib itu bisa di laksanain jam berapa aja kan atau ada waktu tertentu ?
    Tolong pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
  133. Apa Boleh Baca Doa nya Engga Pake Bahasa Arab , Tapi Pakai Bahasa indonesia(niatnya) ?

    ReplyDelete
  134. Assalamualaikum

    Mohon bantuannya admin dan teman 2

    Saya bingung mandi wajib wudhu nya sebelum mandi wajib atau setelah mandi wajib

    Saya pernah mendengar ceramah di masjid dari pak kiai yg saya tau dia bergelar doktorandus namanya biasa saya baca di papan pengumuman imam sholat jumat

    Beliu berkata wudhu nya setelah mandi wajib karena wudhu untuk menghilangkan hadas kecil sedangkan yang kecil tidak bisa menghilangkan yang besar banyak rujukan dalil yang di ucapkannya, tapi saya lupa dan tidak mampu untuk menjelaskannya di forum ini

    Jadi seperti apakah mestinya urutan yg paling di benarkan, mohon bantuannya

    Terimakasih

    ReplyDelete
  135. maksih atas infonya
    jd bisa mandi wajib dgn lebih benar lg

    ReplyDelete
  136. Saya baca dari yang lain doa untuk mandi wajib ini
    Ada yang beda apa itu bener.?

    ReplyDelete
  137. Saya liat dari yang lain bacaan niat untuk mandi wajib beda sama yang di web ini apa itu bener juga.?

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM dan akan DIHAPUS.